Rabu, 12 Agustus 2020

Rangkuman Prakarya Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017


Rangkuman Prakarya Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017

BAB 1

Kerajinan Serat.

-       Serat alam adalah suatu jenis bahan yang berupa potongan potongan kompinen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh.

-       Serat alam sudah dipergunakan sejak tahun 2.640 SM. Negara yang pertama kali yang mengolah serat alam adalah Cina, yang berupa serat sutra.

-       Pada tahun 1.540 SM telah berdiri industry kapas pertama di India.

-       Bahan serata alam yang dimaksud adalah bahan organic yang tidak diolah kembali melelui proses dan penambahan bahan kimiawi sehingga keasliannya tetap terjaga dan diutamakan.

-       Bahan serat alam dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu :

-       Serat yang berasal dari tumbuhan dapat dilihat berdasarkan bagian bagian tumbuhan.

-       Serat dari biji. Contohnya : biji dari pohon kapas dan kapuk

-       Serat dari batang. Contohnya : batang pohon pisang, anggrek, mlinjo/ganemon, mahkota dewa, beringin, yonkori, flax, jute, rosella, henep, rami, urena, kenaf, dan sunn.

-       Serat dari daun. Contohnya : serat daun mendong (purun tikus), daun nanas daun pandan berduri, daun eceng gondok, daun abaka, daun sisal, dan daun henequen.

-       Derat dari buah. Contohnya : serat buah kelapa.

-       Serat yang bersal dari hewan memiliki tekstur yang halus dan lembut. Bagian hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah bulu. Dibawah ini dijelaskan jenisnya :

-       Serat dari stapel merupakan serat yang berbentuk rambut hewan yang disebut wol. Contohnya : domba, alpaca, unta, cashmer, mohair, kelinci, dan vicuna.

-       Serat dari filament merupakan serta yang berbentuk jaringan. Contohnya :larva ulat sutra.

-        Syarat syarat perancangan benda kerajinan sebagai berikut : kegunaan (utility), kenyamanan (comfortable), keluweasan (flexibility), keamana (safety), keindahan (aestetic).


BAB 2

Budi Daya Tanaman Sayuran.

-       Sayuran merupakan bahan pangan pangan asal tumbuhan yang mempunyai kadar air dan serat tinggi. Sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

-       Holtikultura adalah membudidayakan tanaman dikebun.

-       Budidaya adalah usaha usaha untuk menambah, menumbuhkan , dan mewujudkan benda ataupun makhluk hidup agar lebih besar/tumbuh dan berkembang biak/bertambah banyak.

-       Pada daerah dataran tinggi, jenis tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan , yaitu kentang,wortel, dan brokoli.

-       Pada daerah dataran rendah, jenis tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan, yaitu bawang merah, mentimun, dan sawi hijau.

-       Suatu kegiatan dimassukkan ke dalam bududaya tanaman apabila telah melakukan 3 hal pokok, yaitu : melakukan pengolahan tanah, pemeliharaan untuk mencapai produksi maksimal, tidak berpindah pindah.

-       Sarana bididaya tanaman sayuran maliputi alat dan bahan yang digunakan untuk kagiatan budidaya.

-       Bahan yang digunakan dalam budidaya tanaman sayuran sebagai berikut :

-       Benih, yaitu tanaman atau bagiannya yang digunakan untuk memperbanyak atau mengeembangkan tanaman.

-       Bibit, yaitu tanaman kecil (belum dewasa)yang siap diindah tanam.

-       Pupuk adalah semua bahan yang ditambahkan pada tnah dengan maksud untuk memperbaiki fisik, kimia, dan biologis.

-       Pestisida adalah bahan bahan racun yang digunakan untuk membunuh jasad hidup yang menggangu tumbuhan.

-       Madia tanam mempunyai peranan mendukung tumbuh tegak tanaman, serta menyediakan oksigen, air, dan hara.

-       Madia tanam bahan organik : arang sekam, kompos, sabut kelapa.

-       Media tanam bahan anorganik : gel, pasir, pecahan batu bata, spons, vermikulit dan perlit.

-        Alat yang digunakan dalam budidaya tanaman sayuran sebagai berikut :

-       Alat pengolahan tanah,yaitu cangkul, garpu, dan sekop.

-       Alat pemeliharaan tanaman, yaitu gembor, kored sprayer.

-       Hidroponik adalah salah satu teknologi budi daya tanaman tanpa tanah dengan pemberian hara tanaman yang terkendali.

-       Veltikultur merupakan teknik budi daya pertanian yang dilakukan secara vertical atau bertingkat, baik indoor maupun outdoor.

BAB 3

Pengolahan Bahan Pangan Buah segar Manjadi Mkanan Dan Minuman.

-       Buah segar adalah bahan pangan yang tidak memerlukan pegolahan, sudah adapat dikonsumsi secara langsung.

-       Karakteristik buah buahan :

-       Berdasarkan musim berbuahnya.

-       Buah musiman adalah buah yang hanya ada diwakyu musim tertentu. Contohnya : buah durian, manga, kedongdong, duku dan rambutan.

-       Buah sepanjang tahun adalah jenis buah buahan yang tersedia sepanjang tahun.

-       Berdasarkan iklim tempat tumbuhnya. 

-       Buah trois adalah buah dari tanaman yang tumbuh di iklim panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 250C atau lebih. Contohnya : pisang, pepaya, nanas, manga, rambutan, durian .

-       Buah sub tropis adalah buah dari tanaman yang tumbuh di iklim sedang atau di daerah yang mempunya yng mempunyai suhu udara maksimum 220C. Contohnya : apel,jeruk, stroberi, anggur dan sebagainya.

-       Berdasrkan proses pematangannya.

-       Buah klimaterik yaitu buah buahan yang setalah dipanen dapat menjadi matang hingga terjadi pembusukan. Contohnya :  pisang, manga, papaya, jambu biji, apel, dan sebagainya.

-       Buah non klimaterik yaitu buah yang setalah dipanen tidak akan mengalami proses pematangan tatapi langsung kearah pembusukan. Contohnya : semangka, anggur, jambu biji, dan nanas.

-       Teknik pengolahan pangan panas basah  (moist heat) adalah mengolah bahan makanan dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk mematangkannya. Berikut ini termasuk teknik pengolahan pangan panas basah :

-       Teknik merebus (boiling) adalah mengolah bahan makanan dalam cairang yang mendidih.

-       Teknik merebus menutup bahan makanan (poaching) adalah mamasak bahan makanan dalam cairan sebatas menutupi bahan makanan yang direbus denagn api kecil.

-       Teknik merebus dengan sedikit cairan (braising) adalah teknik merebus bahan makanan dengan sedikit caitan dalam panic tertutup dengan api kecil.

-       Teknik menyetup/ menggulai (stewing) adalah mengolah bahan makanan yang telah ditumis bumbunya, dan direbus dengan cairan berbumbu dengan api kecil secara berlahan lahan.

-       Teknik mengukus (steaming) adalah memasak bahan makanan dengan uap air mendidih.

-       Teknik mendidih (simmering) adalah teknik memasak bahan makanan dengan api kecil dan bahan makanan yang sedikit.

-       Teknik mengtim adalah memasa bahan makanan dengan mengunakan dua buah panic yang berbeda ukuran, dmana panic begian bawah terdapat air mendidih, sedangkan panic bagian atas adalah bahan makanan.

-       Teknik pengolahan pangan panas kering (dry heat cooking) adalah mengolah makanan tanpa bantuan bahan dasar cairan untuk mematangkannya. Berikut ini termasuk teknik pengolahan pangan panas kering :

-       Teknik menggoreng dengan minyak banyak (deepfrying) adalah memasak menggunakan minyak banyak hingga bahan makanan terendan sehingga mendapat hasil yang kering (kripy).

-       Teknik mengoreng dengan minyak sedikit (shallow frying) adalah proses mengolah bahan makanan yang dilakukan dengan cepat dalam minyak goreng yeng sedikit pada wajan datar.

-       Teknik menumis (sautéing) adalah teknik memasak dengan menggunakan sedikit minyak untuk mengeluarkan aroma.

-       Teknik memanggang (baking) adalah mengolah bahan makanan di dalam oven dengan menggunakan pans udara yang mengintarinya.

-       Teknik membakar (grilling) adalah teknik mengolah makanan yang dikrjakan di atas grill yang diletakkan di atas sumber panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar