Rabu, 09 September 2020

Soal ASWAJA Kelas 7


SOAL ASWAJA kelas 7

Pilihlah jawaban yang paling benar

Kiai Maimoen Zubair menuturkan bahwa ketika beliau mondok di Tambak Beras dan belajar di sekolah “Syubbaanul Wathan” disana, setiap hari sebelum masuk kelas murid-murid diwajibkan menyanyikan sebuah lagu yang diciptakan oleh ……………………. pada tahun 1934. Nusron Wahid dan Yaqut C. Qoumas sowan kepada Kiai Maimoen di Sarang, Rembang, untuk memohon ijazah lagu itu, dan didapatlah syair yang tak pernah beliau lupakan:


يَا لَلْوَطَن يَا لَلْوَطَن يَا لَلْوَطَن

حُبُّ الْوَطَن مِنَ الْإِيْمَان

وَلَا تَكُنْ مِنَ الْحِرْمَان

اِنْهَضُوْا أَهْلَ الْوَطَن

إِنْدُونَيْسيَا بِيْلَادِيْ

أَنْتَ عُنْوَانُ الْفَخَامَا

كُلُّ مَنْ يَأْتِيْكَ يَوْمَا

طَامِحًا يَلْقَ حِمَامَا


1.   Siapakah yang dimaksud  titik- titik yang terdapat dalam keterangan diatas?

a.       KH. Abdur Rahman Wahid    c. KH. Masyim Asy’ari

b.      KH. Wahab hasbullah             d. K. Asnawi (kudus)


2.  Apakah judul teks lagu diatas ?

a.       Ya lal wathan                                      c. Syubbanul wathan

b.      Hubbul wathan                                 d. Nahdlatul wathan


3.  Apa terjemahan dari yeks dibawah ini?

حُبُّ الْوَطَن مِنَ الْإِيْمَان

a.       Cinta tanah air tidak beriman

b.      Cinta tanah air sebagian dari pada beriman

c.       Cinta tanah air merupakan sikap iman

d.      Tidak cinta tanah air tidak beriman


4.  Ahlus sunnnah waljamaah adalah kepanjangan dari aswaja yang terdiri dari tiga kata yaitu ahlun – al-sunnah dan al jamaah secara etimologi ahlun bermakna....

a.       Pengikut      b. Pengajak        c. Pensiar             d. Penolong


5.  Sedangkan al- Sunnah  secara bahasa merupakan makna dari....

a.       Jalan              b. Jembatan       c. Lautan              d. Setapak


6.  Secara  bahasa Al- Jamaah bermakna perkumpulan, yang dmaksud adalah perkumpulan  para sahabat ..........

a.    Nabi Musa  b. Nabi ibrahim                 c. Nabi muhammmad     d. Nabi isa


7.  Menurut KH. Hasyim asy’ari,kriteria aliran aswaja dalam bidang tauhid di pelopori oleh .........dan .........

a.       Abu hasan al-asy’ari,Abu mansur al-maturidi

b.      Imam ghozali, syeh junaid al-baghdadi

c.       Imam syafi’i, iamam hanafi

d.      Imam malik, imam ahmad


8. Kapankan munculnya istilah aswaja setelah wafatnya rasululullah......

a.       Khalifah al-Makmun

b.      Khalifah umar bin khatab

c.       Khalifah usman

d.      Khalifah ali bin abi thalib


9. Dari mana sumber aswaja yang dipelopori  Abu hasan al-asy’ari,Abu mansur al-maturidi?......

a.       Al-qur’an dan hadits

b.      Kitab kuning

c.       Nasikh mansukh

d.      Ijma’


10.   Dalam bidang fikih, aliran aswaja mengikuti ajaran siapa?......

a.       Imam empat madzhab

b.      Imam mekah

c.       Imam ghozali

d.      Imam junaid al baghdady


11. Dalam hadits riwayat imam Tabrani bahwa umat rasululllah akan terpecah menjadi berapa golongan?........

a.       72 golongan

b.      73 golongan

c.       74 golongan

d.      75 golongan

12. Siapakah golongan yang selamat  masuk surga dari satu golongan yang sesuai hadits rasullullah?.......

a.       Syiah             b. Qodariyah      c. Ahlus sunnah waljamaah         d. Muktazilah


13. Meyakini bahwa Allah ada(wujud) tanpa terbatas leh ruang dan waktu merupakan ciri khas aswaja dalam bidang.........

a.       Fikih               b. Syariat             c. Aqidah             d. Tasawuf


14.Sifat Allah yang bermakna tiada sesuatu pun yang menyerupai Dia terdapat pada surat al-ikhlas ayat.........

a.       Satu              b. Dua                   c. Tiga                    d. Empat


15. Setiap orang yang menyamakan Allah dengan makhluknya dihukumi apa?....

a.       Syirik            b. Musyrik           c. Kafir  d. Dholim


16 . Orang yang menuduh pada orang islam berarti dia juga dihukumi apa?

a.       Syirik             b. Musyrik           c. Kafir  d. Dholim


17. Meyakini  bahwa Allah satu dalam zat-Nya merupakan makna dari apa?....

a.       Tauhid          b. Fikih  c. Tasawuf           d. Akhlak


18. Allah SWT menciptakan manusia dengan berbagai bentuk yang berbeda, ada yang cantik, sedang, gemuk, kurus, kaya, miskin, dan sebagainya semata-mata menurut kehendak-Nya.

Hal ini merupakan sifat yang dimiliki Allah sesuai dengan sifat…..

a.       Wajib            b. Muhal              c. jaiz     d. Asmaul Husna


19.   Coba kita renungkan jika Allah adalah dewa-dewa purba, yang lemah pada do’a, tirakat, dan berbagai permintaan dari umatnya. Maka, meskipun sulit, Tuhan menjadi semacam toko serba ada yang berkewajiban mengabulkan segala kepentingan umatnya. Untuk melepaskan diri dari pandangan ini Anda harus melatih diri untuk percaya bahwa Allah bukanlah sembahan yang bisa dipaksa. Dia tidak memiliki ikatan, dan Dia akan tetap menjadi Tuhan meskipun manusia mengikuti ataupun tidak. Namun, karena sifat welas asih yang dimiliki-Nya manusia bisa berlatih mengenal dan mencintai dzat Allah yang sempurna.

Keterangan diatas menunjukkkan bahwa Allah memiliki sifat ……….

a.       Rahman         b. Rahim              c. qodrat              d. iradah


20. Nabi s.a.w merupakan orang pertama yang terbelah kuburnya di hari akhirat, orang pertama pemberi syafaat kepada umatnya dan orang pertama yang menerima pertolongan dari Allah s.w.t.

Apa makna dari syafaat yang betulis tebal diatas?

a.       Memberikan pertolongan

b.       Memberi manfaat kepada umatnya

c.       Memberi rahmat


21. Memberi Syafaat mempunyai tiga syarat:

Pertama, Allah meridhai orang yang memberi syafaat.

Kedua, Allah meridhai orang yang diberi syafaat.

Ketiga, Allah mengizinkan pemberi syafaat untuk memberi syafaat.

Siapakan yang dimaksud pada syarat yang pertama?

a.       Rasulullah     b. malaikat          c. jin       d. syetan


22.  Dialah adalah Ali Bin Isma'il Bin Abi Basyar Ishaq Bin Salim Bin Isma'il Bin Abdullah Bin Musa Bin Bilal Bin Abi Burdah Bin Shohib Rosulallahi Sollallahu 'Alaihi Wasallam Abi Musa Abdullah Bin Qois Al-Asy'ari. Dia adalah Al-Imam Al-Mutakallim Al-Faqih Al-Ushuli yang sangat luas ilmunya sangat terkenal namanya di Maghrib (ujung barat) dan Masyriq (ujung timur), Sang Pembela As-Sunnah dan Penolong Ilmu Agama.

           Al-Imam Abul Hasan Al Asy'ari dilahirkan pada tahun 260 H. Awal mulanya Al-Asy'ari mengikuti Madzhab Mu'tazilah - yang diajarkan oleh ayah tirinya yaitu Imam Ali Al-Jubba'i Al-mu'tazili. Bahkan Al-Imam Al-Asy'ari sering menggantikan ayah tirinya untuk menghadiri Majelis perdebatan, dan semua orang mengakui kecerdesannya dan ilmunya. Sampai pada umur 40 tahun Al-Imam Al-Asy'ari menjadi Imamnya Mu'tazilah akhirnya Al-Imam Al-Asy'ari keluar dari Madzhab Mu'tazilah dikarenakan muncul sebuah pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh ayah tirinya yaitu Ali Al-Jubba'i.

Al-Imam Abul Hasan Al Asy'ari masih keturunan sahabat Nabi yang bernama siapa?

a.       Abi Musa Abdullah Bin Qois Al-Asy'ari.

b.      Al-Hafidz Zakariya As-Saji

c.       Al jumahi

d.      Muhammad bin Ya’kub Al-Maqburi


23. Paham apakah yang diikuti ayah tiri Al-Imam Abul Hasan Al Asy'ari………

a.       Mu’tazilah

b.      Qodariyah

c.       Ahlus sunnah waljamaah

d.      Khawarij


24. Siapakah nama ayah tiri  Al-Imam Abul Hasan Al Asy'ari…………………….

a.       Abi Musa Abdullah Bin Qois Al-Asy'ari.

b.      Al-Hafidz Zakariya As-Saji

c.       Al jubbba’i

d.      Muhammad bin Ya’kub Al-Maqburi

25.   Siapakah yang mengasuh Al-Imam Abul Hasan Al Asy'ari setelah ayahnya meninggal dunia?..

a.       Abi Musa Abdullah Bin Qois Al-Asy'ari.

b.      Al-Hafidz Zakariya As-Saji

c.       Al jumahi

d.      Muhammad bin Ya’kub Al-Maqburi


26. Nama lengkapnya Abu Manshur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud al-Maturidi al-Samarqandi, nisbah kepada Maturid, nama distrik di Samarkand, negeri  yang terletak di seberang sungai Amu Dariya (seberang sungai Jihun), daratan Transoxiana.

                 Tidak ada data sejarah yang menginformasikan tahun kelahirannya secara pasti. Akan tetapi menurut dugaan kuat, dia dilahirkan pada masa khalifah al-Mutawakkil(205-247 H/820-861 M), Khalifah ke-10. Diperkirakan beliau lahir sekitar 20 tahun sebelum lahirnya al-Imam al-Asy’ari.

Siapakah tokoh aswaja yang disebutkan di atas?

a.       Abu mansur al-Ahalaj

b.      Abu musa al-Asy’ari

c.       Abu mansur al- Maturidy

d.      Abu hasan al- asy’ari


27.   Pada masa apakah bersamaan dengan kelahiran beliau pada saat itu?

a.       Bani abbasyiah

b.      Bani umayah

c.       Bani seljuk(turki)

d.      Kubulai khan


28.   Secara geneologis, nasab Abu Manshur al- Maturidi masih bersambung dengan sahabat Rasulullah dari kaum Anshar, yaitu Abu Ayyub al-Anshari (w. 52           H/672 M). hal ini menjadi bukti bahwa al-Maturidi lahir dari keluarga terhormat dan terpandang di kalangan masyarakat, karena ketika Rasulullah hijrah ,beliau singgah dan tinggal di rumah Abu Ayyub al-Anshari, sahabat yang menjadi saksi hidup peristiwa Bai’at al-‘Aqabah, dan mengikuti peperangan Badar, Uhud, Khandaq dan lain-lain.

Sesuai dengan keterangan diatas, kemanakah rasulullah hijrah?

a.       Makkah          b. madinah         c. palestina         d. turki


29.   Abu mansur al-maturidi masih keturunan sahabat Rasulullah yaitu…..

a.       Abu Ayyub al-Anshari

b.      Abu musa al-Asy’ari

c.       Abu mansur al- Maturidi

d.      Abu hasan al- asy’ari


30. Beliau dilahirkan pada tahun 450 H. Beliau mempunyai seorang ayah yang soleh sufi menjaga hati dan tangannya untuk melakukan yang halal. Sebelum ayahnya meninggal beliau berwasiat kepada temannya yang sholeh juga sufi untuk menjaga putranya yang bernama abu hamid Al-Ghazali sama saudaranya yang bernama Ahmad Al-Ghazali.

Siapakah yang dimaksud menurut keterangan diatas…..

a.       Imam abu hanifah

b.      Imam syafi’i

c.       Imam al-ghozali

d.      Imam ahmad


31. Apakan gelar beliau menurut ulama ahlus sunnah wal jama’ah(lihat no 30)

a.       Syehhul Islam

b.      Hujjatul islam

c.       Syaiful islam

d.      Ahlus sunnah


32. Sesuai dengan ciri ajaran ahlus sunnah wal jama’ah imam ghozali merupakan tokoh selain bidang fikih dan tauhid, beliau juga ahli dalam bidang….

a.       Aqidah            b. Tasawuf          c. Filsafat             d. Sastra


33.Apa pengertian dari hujjatul islam secara etimologi?

a.       Pembela islam

b.      Guru islam

c.       Bukti kebenaran islam

d.      Bukti kejayaan islam


34.   Sebagian ahli sejarah lainnya berpendapat bahwa sejarah masuknya Islam ke Indonesia dimulai sejak abad ke 11 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada bukti adanya sebuah batu nisan Fatimah binti Maimun

Di wilayah manakah tepatnya bukti sejarah tersebut?

a.      Aceh           b. Sumatra     c. Jawa Timur d. demak

35.   Dari keterangan no 34 sayyidah Fatimah binti Maimun diperkirakan masih keturunan dari ….

a.       Hibatullah      b. daulah abbasyiah        c. umayyah         d. persia


36.   Agama apakah yang dipeluk oleh masyarakat Indonesia sebelum masuknya islam?

a.       Islam               b. konghucu       c. hindu dan budha         d. kristen


37.   Masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia berlangsung secara bertahap Proses dan dialakukan secara damai melalui beberapa metode pendekatan selain dengan dakwah, dibawah ini bukan termasuk pendekatan tersebut adalah?

a.       Perdagangan               c. Perkawinan

b.      Pendidikan                   d. Perjudian


38.   Dikalangan pesantren dalam merespon kebangkitan nasional, membentuk organisasi pergerakan, seperti Nahdatul Wathan (Kebangkitan Tanah Air) pada tahun 1916. Kemudian pada tahun 1918 mendirikan Taswirul Afkar atau dikenal juga dengan Nahdatul Fikri (Kebangkitan Pemikiran), sebagai wahana pendidikan sosial politik kaum dan keagamaan santri.Dari Nahdatul Fikri kemudian mendirikan Nahdatut Tujjar, (pergerakan kaum saudagar). Serikat ini dijadikan basis untuk memperbaiki perekonomian rakyat. Dengan adanya nahdatut tujjar, maka taswirul fikar, selain tampil sebagai kelompok studi juga menjadi lembaga pendidikan yang berkembang sangat pesat dan memiliki cabang di beberapa kota.Perkembangan selanjutnya, untuk membentuk organisasi yang lebih besar dan lebih sistematis, serta mengantisipasi perkembangan zaman, maka setelah berkoodinasi dengan berbagai kyai, akhirnya muncul kesepakatan untuk membentuk organisasi yang bernama Nahdlatul Ulama.

Kapankah (Organisasi Islam) Nahdlatul Ulama di deklarasikan?

a.       16 Rajab 1344 H(31 januari 1926)

b.      16 Rajab 1344 H(13 januari 1926)

c.       16 Rajab 1344 H(31 januari 1962)

d.      16 Rajab 1434 H(31 januari 1926)


39. Secara bahasa(etimologi) apa pengertian Nahdlatul Ulama?

a.      Kebangkitan Bangsa

b.      Kebangkitan Umat

c.       Kebangkitan Ulama

d.      Kebangkitan politik


40. Siapakah tokoh-tokoh pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama dibawah ini? Kecuali

a.       KH. Hasyim Asy’ari

b.      KH. Abdul wahab Khasbullah

c.       KH. Wahid Hasyim

d.      KH. Ahmad Dahlan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar