Rabu, 09 September 2020

Soal ASWAJA Kelas 7 Semester 1


SOAL PILIHAN GANDA DAN ESSAY MATA PELAJARAN ASWAJA KELAS VII SEMESTER 1 

Pilihlah jawaban yang paling benar !

1. Pola kepemimpinan di dalam jamiyah NU memiliki kesamaan dengan pola kepemimpinan didalam pesantren, yaitu……..

a.    Terpusat pada kyai

b.    Dipimpin oleh orang kaya

c.    Tidak memiliki pemimin yang jelas

d.   Mengandalkan lulusan perguruan tinggi


2. Para pendiri NU merupakan tokoh pesantren yang memiliki kesamaan wawasan, pandangan, sikap dan prilaku dan tatacara pemahaman serta pengalaman ajaran islam menurut faham……….

a.    Ahlul halli wal aqdi

b.    Ahlus syirki wal kufri

c.    Ahlul bida’ wadh dhalal

d.   Ahlus sunnh wal jamaah


3. Salah satu kekuatan penyangga yang menjadikan NU sebagai jamiyah/organisasi yang kuat adalah dukungan kaum……

a.    Santri

b.    Priyayi

c.    Politisi

d.   Abangan


4. Lembaga pendidikan pesantren telah berjasa besar dalam menjaga dan meneruskan tradisi ilmu keislaman menurut faham aswaja. Berikut yang tidak termasuk jasa oesantren terhadap aswaja yaitu….

a.    Melestarikan ajaran aswaja

b.    Menghalangi ajaran aswaja

c.    Mempraktikan ajaran aswaja

d.   Mengembangkan ajaran aswaja


5. Kitab aqidah yang dibaca dan dipelajari dipesantren pada umumnya adalah kitab aqidah karangan ulama’……

a.    Syi’ah

b.    Asy’ariyah

c.    Mu’tazilah

d.   Wahhabiyah


6. Pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan dan pusat dakwah islam sejak……

a.    Zaman wali songo

b.    Penjajahan jepang

c.    Proklamasi kemerdekaan

d.   Gus Dur menjadi presiden RI


7. sejak awal perkembangan islam di indonesia, dipesantren-pesantren kuno diajarkan kitab-kitab yang mengikuti madzhab…….

a.    Syafi’i

b.     Maliki

c.    Hanafi

d.   Hanbali


8.     Maksud utama para kyai mendirikan pondok pesantren adalah…

a.    Menjadi raja kecil dikawasan pedesaan

b.    Meramaikan desa yang baru saja ditempati

c.    Menyebarkan dan mengajarkan ajaran islam

d.   Agar kyai mendapat pengakuan dari masyarakat


9. Seorang santri yang menetap dan bertempat tinggal didalam pesantren dinamakan santri…

a.    Kalong

b.    Muqim

c.    Melarat

d.   Pesuru


10. 1) kedalaman ilmu agama; 2)keikhlasan; 3) ketamakan; 4) akhlaqul karimah

Daya tarik yang dimiliki kyai pendiri peasantren sehingga masyarakat sekitar pesantren tertarik untuk mengikuti dakwahnya adalah ditunjukan nomor…..

a.    1, 2, dan 3

b.    1, 2, dan 4

c.    2, 3, dan 4

d.   3, 4, dan 1


11. Didalam pondok pesantren terdapat tata nilai yang dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, yang sering dinamakan ‘’ panca jiwa’’ pondok peesantren. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam ‘’panca jiwa’’ tersebut yaitu jiwa….

a.    Keikhlasan

b.    Keangkuhan

c.    Persaudaraan

d.   Kemerdekaan


12. Pusat pembelajaran yang digunakan oleh mailan malik ibrahim dan menyampaikan ajaran islam adalah…

a.    Masjid dan pesantren

b.    Madrasah dan sekolah

c.    Pawiyatan dan pekojaan

d.   Padepokan dan pesantren


13. Sejak awal berdirinya,secara istiqamah pondok pesantren mengajarkan ilmu-ilmu agama. Berikut ini ilmu yang tidak diajarkan dipesantern adalah….

a.    Fiqih

b.    Maysir

c.    Aqidah

d.   Tasawuf


14. 1) sunan giri di gresik; 2) sunan kalijaga di kadilangu; 3) sunan bonang di tuban; 4) sunan drajat dilamongan.

Diantara tokoh-tokoh tersebut yang merupakan santri sunan ampel ditunjukan oleh….

a.    1, 2, 3

b.    1, 2, 4

c.    1, 3, 4

d.   2, 3, 4


15.     الْمُحَافَظَةُ عَلَى الْقَدِيْمِ الصَّالِحِ وَالْأَخْذُ بِالْجَدِيْدِ الْأَصْلَحِ

Prinsip tersebut dugunakan pengasuh pesantren dalam…

a.    Menyikapi adanya kekurangan tenaga terdidik

b.    Menasehati masyarakat yang baru kenal islam

c.    Menghadapi perubahan dan tantangan zaman

d.   Memerintahkan pengurus pesantren agar rukun


16. Salah satu sebab keberhasilan penyebaran agama islam di indonesia adalah karena islam tidak disebarkan dengan cara….

a.    Ramai

b.    Damai

c.    Santun

d.   Mengancam


17. Lemaga pendidikan islam yang berperan sebagai pusat pengajaran dan pendalaman agama islam pada zaman walisongo adalah….

a.    Pekojan

b.    Mandala

c.    Pesantren

d.   Madrasah


18. Di minagkabau, sumatera barat, pernah diperkrnalakanajaran wahabi dengan cara kekerasan, sehingga terjadilah….

a.    Perang bubat

b.    Perang paderi

c.    Perang paregreg

d.   Perang diponegoro


19. Kerugian yang diterima umat islam apanila suka mengungkit masalah khilafiyah adalah…

a.    Barisan umat islam kian rapat

b.    Kehidupan umat islam yang semaki semarak

c.    Umat islam banyak yang menjadi musyrik

d.   Persaudaraan umat islam terancam pecah


20. Penyebar islam dijawa yang menyebarkan islam dengan cara bijaksana, dengan tutur kata yang santun, dan mapmu menunjukan kebesaran islam melalui pembuktian yang nyata yaitu…..

a.    Pendekar

b.    Walisongo

c.    Lasykar jihad

d.   Komando jihad


21. Negara tempat kahirnya faham wahabi

a.    Mesir

b.    Jordinia

c.    Palestina

d.   Saudi arabia


22. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Ziarah kubur; 2) tahlilan;3) kirim doa untuk orang yang meninggal dunia; 4) membaca al-quran dengan tartil

Kaum pembaharu sering mempersoalkan amala-amalan warga NU sebagaimana ditunjukan oleh nomor…….

a.    1, 2, 3

b.    1, 2, 4

c.    2, 3, 4

d.   2, 4, 1


23. Ketika K.H Abdul Wahab Hasbullah bermaksud akan mendirikan sebuah organisasi atau jamiyah,K.H Hasyim Assyari tidak langsung setuju, tetapi K.H Hasyim melakukan sholat istikharah terlebuih dahulu. Yujuan ssholat ini adalah…..

a.    Agar mendapat petunjuk yang tepat dari Allah

b.    Supaya organisasi yang akan didirikan menjadi kuat

c.    Agar umat islam mau menghargai jasa para ulama’

d.   Supaya organisasi yang didirikan tidak mudah ambruk


24. Dialam jamiyah NU para kyai ditempatkan pada krdudukan yang sangat terhormat yaitu sebagai..

a.    Pejabat NU

b.    Pengamat NU

c.    Pengurus syuriyah

d.   Pengurus tanfidhiyah


25. Tokoh yang pertama dan satu-satunya yang pernah menjabat rois akbar jamiyah NU adalah…

a.    K.H Abdul Wahid Hasyim

b.    K.H Abdurrahman Wahid

c.    K.H Hasyim Asyari

d.   K.H Hasyim Muzadi


26. Dua tokoh komite hijaz yang ditugasi Menghadap raja ibnu saud di saudi arabia adalah…..

a.    Syekh Ahmad Sookati dan K.H Mas Mansoer

b.    Syekh Ahmad Al Utsmani dan K.H Abdul Wahid Hasyim

c.    Syekh Abdullah bin Baz dan KH M A Sahal Mahfudz

d.   Syekh Ghanaim Al-Mishry dan K H Abdul Wahab Hasbullah


27. Tanggapan raja ibnu saud dari saudi arabia yang dipandang melegakan ulma’ pesantren adalah berupa jaminan bahwa….

a.    Raja Ibnu Saud akan meninggalkan faham mu’tazilah

b.    Kota Makkah dan Madinah dibebaskan dari segala kejahatan

c.    Ummat Islam bebas menjalankan amaliyah sesuai dengan madzhab yang dianutnya

d.   Masjidil haram akan diperluas guna menampung jamaah yang terus meningkat jumlahnya


28. Tokoh pesantren yang pernah memiliki kelompok diskusi taswirul Afkar adalah ……….

a.    K.H. Hasjim Asy’ari

b.    K.H. Sahal Mahfud

c.    K.H. Khalil Bangkalan

d.   K.H. Abdul Wahab Chasbullah


29. Jam’iyyah Nahdlatul Ulama didirikan oleh para ulama pesantren pada tanggal …………..

a.    31 Januari 1926

b.    31 Maret 1927

c.    31 Mei 1928

d.   31 Agustus 1986


30. H. Hasan Gipo adalah tokoh NU yang sangat kaya raya dan dermawan. Jabatan penting dalam NU yang pernah disandangnya adalah ……

a.    Ketua Syuriyah NU

b.    Ketua Tanfidziyah NU

c.    Rois Akbar Jam’iyyah NU

d.   Mustasyar pertama Jam’iyyah NU


31. Lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama tidak pernah memprogramkan …......

a.    Pembinaan umat menjadi umat yang bertaqwa

b.    Penanaman pengetahuan secara luas dan terampil

c.    Pembinaan generasi muda yang curang dan pendendam

d.   Pembinaan generasi muda menjadi muslim berbudi luhur


32. Cara pandang ke depan yang menunjukkan kehendaj dan cita-cita suatu organisasi, sekaligus sebagai pedoman untuk mencapainya disebut ………….

a.    Visi

b.    Teori

c.    Misi

d.   Konsep


33. Sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan, sudah selayaknya kalau NU menggarap bidang-bidang yang bermanfaat guna terwujudnya ummat terbaik (Khayra Ummah). Berikut ini yang tidak termasuk bidang yang dimaksud di atas adalah …………….

a.    Pelayanan kesehatan

b.    Pemberdayaan hukum

c.    Penegakan kemaksiatan

d.   Pelayanan ketenaga-kerjaan


34. Dalam masalah peribadatan (ubudiyah), warga NU mengikuti salah satu madzhab dari empat madzhab. Berikut yang tidak termasuk madzhab empat tersebut yaitu ……………

a.    Rofi’i

b.    Maliki

c.    Hanafi

d.   Hambali


35. Untuk dakwah, Nahdlatul Ulama tidak menggunakan sarana ……….

a.    pemaksaan

b.    lailatul ijtima’

c.    pengajian rutin

d.   peringatan hari besar Islam


36. Nahdlatul Ulama berusaha membina warganya agar menjadi umat yang baik dan mampu menghindari perilaku ……

a.    bertaqwa

b.    berbudi luhur

c.    bermalas-malasan

d.   berpengetahuan luas


37. salah satu ikhtiyar NU di bidang sosial adalah …

a.    Pembelaan terhadap tenaga kerja dan buruh

b.    Pembinaan terhadap petani dalam meningkatkan produksi pertanian

c.    Membangun kekuatan masyarakat melalui demo di jalanan

d.   Menyalurkan tenaga kerja kasar untuk dipekerjakan di jalanan


38. Mengupayakan terwujudnya kesejahteraan lahir batin bagi rakyat Indonesia merupakan program NU di bidang ………

a.    Politik

b.    Sosial

c.    Budaya

d.   Ekonomi


39. Jam’iyyah Nahdlatul Ulama memiliki identitas sebagai ………

a.    Organisasi sosial keagamaan beridiologi sosialisme religius

b.    Jam’iyyah Siyasah Iqtishadiyah beraqidah salafi ala Taqyuddin ibn Taymiyyah

c.    Jam’iyyah Diniyyah Islamiyah beraqidah Ahlussunnah wal jamaah

d.   Organisasi profesi baik bidang hukum, perbankan, pendidikan dan keagamaan


40. Sebagai organisasi sosial keagamaan Nahdlatul Ulama memiliki missi ………..

a.    Tersedianya bahan pangan bagi para kyai dan santrinya

b.    Terlaksananya kehidupan masyarakat yang diam membisu

c.    Terwujudnya perkembangan kebutuhan masyarakat

d.   Mewujudkan masyarakat yang demokratis dan berakhlakul karimah


41. Salah satu pokok program NU di bidang ekonomi adalah …………

a.    Terwujudnya industri yang digerakkan oleh mesin otomatis

b.    Terwujudnya pembangunan ekonomi untuk pemerataan kesempatan berusaha

c.    Terbukanya pintu usaha rentenir sebesar-besarnya, sehingga keuntungan meluas

d.   Terpeliharanya jurang pemisah antara pengusaha kelas menengah/kecil


42. “Mengupayakan terlaksananya ajaran Islam yang menganut faham aswaja dan menurut salah satu Madzhab empat,” merupakan program Nahdlatul Ulama di bidang …………..

a.    Politik

b.    Agama

c.    Budaya

d.   ekonomi


43. Tujuan Jam’iyyah Nahdlatul Ulama yaitu ……

a.    Terwujudnya angkatan perang yang kuat dan disegani

b.    Terwujudnya masyarakat yang sejahtera lahiriyahnya saja

c.    Berlakunya hukum Islam yang mampu membasmi orang-orang non-Islam

d.   Berlakunya ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah dan menurut salah satu madzhab empat


44. Aqidah yang dianut oleh organisasi dan warga Nahdlatul Ulama adalah …………

a.    Islam ala Mu’tazilah al Aqliyah

b.    Islam ala Wahabiyah al Mardudiyah

c.    Aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah

d.   Aqidah ahlul Jah wal Jahiliyah al Mulhidiyah


45.     Salah satu misi organisasi Nahdlatul Ulama adalah ……………

a.    Mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahiriyah dan bathiniyah

b.    Menegakkan masyarakat yang mudah marah dan bertindak keras

c.    Melahirkan masyarakat yang mau bekerjasama dalam kemungkaran

d.   Memaksanakan kehendak kepada warga masyarakat lainnya


Jawablah dengan singkat dan tepat !

46. Anatara pondik pesantren dengan jam’iyyah Nahdlatul Ulama memiliki kesamaan tujuan. Jelaskan tujuan tersebut !

47. Jelaskan pengertian ‘Pondok Pesantren’ menurut Ilmu Pendidikan!

48. Apakah arti Nahdlatul Ulama ?

49. Sebutkan tiga Tokoh kunci kelahiran Jam’iyyah NU !

50. Jelaskan visi Jam’iyyah Nahdlatul Ulama !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar