Sabtu, 05 September 2020

PG IPA KELAS 7 BAB 5 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya


SOAL & JAWABAN IPA KELAS 7 SMP  
Bab 5 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Pilihlah jawaban yang paling Benar!

1.      Daun putri malu mengatup ketika disentuh. Peristiwa ini menunjukkan makhluk hidup ..... 

  • A. Membutuhkan makanan
  • B. Peka terhadap rangsangan
  • C. Mengeluarkan zat sisa
  • D. Bergerak aktif

2.      Pada waktu sore hari daun lamtoro tampak mengatup. Hal itu menunjukkan bahwa tumbuhan memiliki ciri.... 

  • A. Tumbuh
  • B. Bergerak
  • C. Bernapas
  • D. Berkembang

3.      Pada suatu ekosistem kebun terdapat:

  • 1). Sekelompok cacing tanah,
  • 2). 4 tanaman bayam,
  • 3). Seekor kucing,
  • 4). 12 ekor ulat
  • 5). 8 ekor ulat kecil,
  • 6). 16 ekor katak,
  • 7). 7 ekor belalang,
  • 8). 22 ekor kupu-kupu, dan
  • 9). Seekor kambing.

Satuan ekosistem yang merupakan populasi adalah ...

  • A. 1,2,3,4,5,6,7
  • B. 1,2,4,5,6,7,8
  • C. 1,2,4,5,6,8,9
  • D. 1,2,5,6,7,8,9

4.      Interaksi antar makhluk hidup yang menunjukkan terjadinya simbiosis komensalisme yaitu.....

  • A. Cacing pita yang hidup dalam usus manusia
  • B. Benalu yang hidup pada pohon-pohon besar
  • C. Anggrek yang menempel pada pohon
  • D. Burung jalak yang hinggap pada punggung kerbau

5.  Jika di sawah terdapat seekor burung, tiga petani, 15 ekor belalang, 6 ekor katak, 2 ekor ular, dan ada sinar matahari, maka yang disebut individu adalah . . .

  • a. 1 ekor burung
  • b. 15 ekor belalang
  • c. 6 ekor katak
  • d. Sinar matahari

6.  Tempat hidup suatu organisme disebut . . .

  • a. Habitat
  • b. komunitas
  • c. populasi
  • d. ekologi

7.      Organisme yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem air adalah ….

  • a. Bakteri
  • b. Fitoplankton
  • c. Plankton
  • d. Zooplankton

8.    Di bawah ini yang bukan merupakan tumbuhan sebagai produsen adalah ….

  • a. rumput
  • b. jamur
  • c. bayam
  • d. kangkung

9. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut ….

  • a. jaring-jaring makanan
  • b. jaring-jaring kehidupan
  • c. piramida makanan
  • d. rantai makanan

10.  Di bawah ini yang bukan merupakan hubungan simbiosis adalah ….

  • a. komunitas
  • b. mutualisme
  • c. komensalisme
  • d. parasitisme

11.  Di bawah ini yang merupakan hubungan mutualisme adalah..

  • a. kupu-kupu dengan bunga
  • b. pohon anggrek dengan pohon inangnya
  • c. benalu dengan pohon inangnya
  • d. bunga bangkai dengan pohon

12.  Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya adalah ….

  • a. fisiologi
  • b. ekologi
  • c. ekosistem
  • d. genetika

13.  Dalam suatu ekosistem kolam terdapat :

  • 1) ikan karnivora
  • 2) bakteri pengurai
  • 3) Fitoplankton
  • 4) ikan herbivora
  • 5) zat-zat organik

dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya . . .

  • a. 2, 5, 3, 4, dan 1
  • b. 5, 3, 4, 1, dan 2
  • c. 3, 4, 1, 5, dan 2
  • d. 5, 3, 4, 2, dan 1

14.  Pada ekosistem yang merupakan detrivor adalah ….

  • a. padi – ayam – ular – elang
  • b. jagung – burung – elang – ular
  • c. rumput – kambing – harimau – bakteri
  • d. bangkai – cacing – ayam – elang

15.  minyak bumi dan batu bara yang terdapat di perut bumi kita merupakan sumber daya alam yang terbentuk melalui siklus ….

  • a. air
  • b. oksigen
  • c. karbon
  • d. fosfor

16.  Jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem hutan akan terganggu jika ….

  • a. dilakukan pelestarian hutan
  • b. serangga penyerbu berlimpah
  • c. regenerasi biji berlangsung terus
  • d. terjadi penebangan hutan

17.  Menurut niche-nya organisme yang berperan dalam mengembalikan unsur hara ke lingkungan abiotik adalah ….

  • a. produsen dan detritivor
  • b. detritivor dan dekomposer
  • c. produsen dan konsumen
  • d. dekomposer dan produsen

18.  Penghilangan komponen konsumen I pada suatu ekosistem kolam akan menyebabkan . . .

  • a. jumlah dekomposer makin banyak
  • b. konsumen I darat menggantikan konsumen I kolam
  • c. status konsumen III merangkap sebagai herbivor
  • d. konsumen ll berubah fungsi menjadi konsumen I

19.  Faktor yang membedakan ekosistem air tawar lentik dan lotik adalah ….

  • a. kandungan oksigen pada habitat lotik Iebih tinggi
  • b. pertukaran air tanah pada lotik Iebih kecil
  • c. air tawar lotik terdapat pada sungai,selokan, dan kolam
  • d. air tawar lotik tidak ada arus air

20.  Dalam ekosistem padang rumput, organisme yang berperan sebagai pengurai adalah ….

  • a. serangga
  • b. kerbau
  • c. rumput
  • d. Bakteri

21.  Pada sebuah rantai makanan, aliran energi dimulai dari ….

  • a. konsumen
  • b. pengurai
  • c. sinar matahari
  • d. tumbuhan hijau

22.  Di suatu padang rumput hidup sekelompok kambing dan harimau. Jika predatornya sangat aktif maka setelah terjadi penurunan konsumen primer akan terjadi ….

  • a. penurunan populasi kambing dan harimau
  • b. penurunan popuasi harimau dan peningkatan populasi kambing
  • c. peningkatan populasi rumput dan penurunan populasi harimau
  • d. peningkatan populasi rumput dan harimau

23.  Berikut adalah beberapa organisme di alam.

  • 1) Padi
  • 2) Pepaya
  • 3) Ayam
  • 4) Elang
  • 5) Ular
  • 6) Tikus
  • 7) Kucing
  • 8) Serigala
  • 9) Musang
  • 10) Jagung

Rantai makanan yang dapat terjadi adalah ….

a. 1, 3, 6, dan 7

b. 2, 3, 6, dan 8

c. 10, 6, 5, dan 4

d. 1, 6, 5, dan 9

24.  Ditemukan dalam kolam, sekelompok organisme yang terdiri atas ikan mas, Hydrilla, dan mikroorganisme dengan air yang terlihat keruh. Tingkatan organisme kehidupan tersebut termasuk ….

a. Ekosistem

b. populasi

c. individu

d. biosfer

25.  Jika karbon dioksida dalam suatu ekosistem jumlahnya makin berkurang, organisme yang pertama-tama akan mengalami dampak negatif adalah . . .

a. pengurai

b. Karnivor

c. Produsen

d. Karnivora puncak

26.  Makhluk hidup tunggal penyusun komponen ekosistem disebut....

  • a. populasi
  • b. individu
  • c. komunitas
  • d. bioma

27.  Individu sejenis yang tinggal disuatu daerah tertentu pada waktu yang bersamaan di sebut...

  • a. populasi
  • b. individu
  • c. komunitas
  • d. bioma

28.  Interaksi antara lebah yang mengambil nektar dari bunga, sementara kehadiran lebah membantu proses polinasi bunga digolongkan pada simbiosis....

  • a. komensalisme
  • b. parasitisme
  • c. predator
  • d. mutualisme

29.  Cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari interaksi dalam ekosistem, disebut....

  • a. virologi
  • b. ekologi
  • c. palinologi
  • d. algologi

30.  Peran makhluk hidup dalam suatu ekosistem akan berbeda dengan makhluk hidup lain dalam ekosistem yang sama, hal tersebut dikenal sebagai....

  • a. habitat
  • b. relung
  • c. parasit
  • d. predator

31.  Seluruh ekosistem di muka bumi disebut....

  • a. biosfer
  • b. bioma
  • c. globe
  • d. Komunitas

32.  Interaksi antara pemangsa dan hewan yang dimangsa, disebut....

  • a. predator
  • b. prei
  • c. predasi
  • d. simbiosis

33.  Hidup bersama antara dua makhluk hidup yang tidak dapat dipisahkan, disebut...

  • a. interaksi
  • b. predator
  • c. simbiosis
  • d. predasi

34.  Kumpulan seluruh populasi yang saling berinteraksi dalam suatu tempat tertentu dikomunitas alam waktu tertentu, disebut ....

  • a. ekosistem
  • b. individu
  • c. populasi
  • d. Komunitas
35.  Aliran energi dalam suatu ekosistem yang terjadi melalui peristiwa makan dan dimakan , disebut....
  • a. rantai makanan
  • b. jaring makanan
  • c. perpindahan makanan
  • d. piramida makanan

36.  Interaksi antarkesatuan berbagai komunitas dengan lingkungan disebut ....

a. individu                   c. komunitas

b. populasi                   d.Ekosistem 

37.  Saat kegiatan praktikum di kebun sekolah, kelompok Susi mencatat adanya 21 tanaman rumput, 2 tanaman bunga soka, dan 14 ekor semut. Dari data tersebut kelompok Susi mencatat data komponen ....

  • a. individu
  • b. populasi
  • c. komunitas
  • d. ekosistem

38.  Bakteri saprofit merupakan organisme yang dapat mengubah senyawa organik menjadi senyawa anorganik. Kedudukan bakteri tersebut sebagai komponen ....

  • a. produsen
  • b. konsumen
  • c. dekomposer
  • d. predator

39.  Pernyataan yang benar adalah ....

  • a. setiap organisme hanya memiliki satu interaksi dengan organisme lain dalam satu lingkungan
  • b. semua tumbuhan merupakan produsen karena semua tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis
  • c. herbivora tidak pernah menjadi predator bagi hewan lainnya
  • d. pada ekosistem buatan tidak terjadi rantai makanan

40.  Ekosistem dikatakan seimbang bila jumlah ....

  • a. konsumen sama dengan produsen
  • b. produsen lebih besar dari konsumen
  • c. produsen lebih kecil dari konsumen
  • d. konsumen dan produsen lebih besar dari pengurai



Soal Essay Tentang Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya No. 1-5

1. Jelaskan pengertian lingkungan secara umum!

Pembahasan:

Lingkungan secara umum dapat diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu.

2. Sebutkan 2 komponen lingkungan dan berilah masing-masing contohnya?

Pembahasan:

Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, yaitu komponen biotik dan abiotik:

Komponen biotik terdiri atas makhluk hidup, contohnya manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik.

Komponen abiotik terdiri atas benda-benda tidak hidup, contohnya air, tanah, udara, dan cahaya.

3. Tuliskan empat contoh komponen abiotik dalam ekosistem dan peranannya!

Pembahasan:

Empat contoh komponen abiotik dalam ekosistem dan peranannya, yaitu:

Cahaya matahari, berperan sebagai sumber energi bagi tumbuhan yang diperlukan dalam proses fotosintesis dan memberikan rasa hangat pada semua makhluk.

Udara, berperan sebagai tempat perputaran zat gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup seperti oksigen dan karbon dioksida.

Air, berperan sebagai zat pelarut, media pengangkut, serta habitat makhluk hidup di air.

Tanah, berperan dalam menghasilkan zat hara dan mineral serta tempat hidup berbagai makhluk hidup.

Pelajari Juga:  10 Soal IPA Kelas 9 tentang Pewarisan Sifat beserta Jawabannya

4. Mengapa di sekitar pohon walnut jarang di tumbuhi tumbuhan lain? Jelaskan bentuk interaksi yang terjadi!

Pembahasan:

Karena pohon walnut dapat menghasilkan zat beracun yang menghambat pertumbuhan tanaman disekitarnya. Bentuk interaksi yang terjadi adalah aleopati dimana suatu makhluk hidup menghasilkan zat yang dapat menghambat pertumbuhan makhluk hidup lain.

5. Jelaskan apa yang dimaksud rantai makanan! Buatlah satu contoh rantai makanan di padang rumput!

Pembahasan:

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dalam satu satu garis lurus.

Contoh rantai makanan di padang rumput, yaitu:

Contoh Rantai Makanan di Padang Rumput


Tidak ada komentar:

Posting Komentar